• Lomba Macapat

Alunan tembang Dhandhanggula terdengar mendayu-dayu ditembangkan oleh peserta Lomba Nembang Macapat se-Solo Raya yang diselenggarakan Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (UNS), Kamis (12/3). Lomba ini diselenggarakan masih dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-36 UNS.

“Ada 86 peserta dari berbagai kalangan. Ada siswa SD, SMP, SMA. Ada guru. Ada mahasiswa juga. Ini menunjukkan bahwa tembang Macapat masih populer di kalangan generasi muda,” jelas Ketua Panitia, Endang Triwinarni.

Sambil menunggu giliran, peserta terlihat serius berlatih di antara pengiring dan tamu undangan. Mereka harus membawakan tembang wajib Dhandhanggula dan satu tembanga pilihan Sinom atau Pangkur.

Salah satu peserta, Fajri (8), siswa kelas 2 SD di daerah Lalung, Karanganyar ini tampak antusias mengikuti lomba. Alasannya sederhana, ia menginginkan hadiah wayang kulit, yang oleh panitia memang disediakan bagi pemenang pertama, kedua, dan ketiga. Fajri bahkan datang bersama sang ayah, Ngadiyo yang juga menjadi peserta lomba. Menurut sang ayah, Fajri sejak kecil memang mempunyai bakat seni dan rajin ikut berlatih menjadi dalang cilik di sebuah sanggar.

Adapun Tery dan Mufi Laili, keduanya tercatat sebagai mahasiswa semester 8 Pendidikan Bahasa Jawa FKIP UNS mengungkapkan bahwa dengan mengikuti lomba nembang macapat semacam ini, mereka dapat melatih kemampuan dan kepercayaan diri mereka.

“Acara semacam ini menurut mereka perlu dikembangkan untuk nguri-uri kebudayaan Jawa yang merupakan budaya adiluhung,” kata Tery. Mereka juga termotivasi untuk turut memeriahkan acara dies natalis UNS.

“Soal hadiah, itu kami anggap sebagai bonus untuk memotivasi agar lebih giat lagi berlatih mengembangkan diri,” tambah Mufi.

Tim juri ini terdiri dari Darsono (ISI Surakarta), R.A. Hj. Supatminingtyas (Guru Vokal Pawiyatan Keraton Surakarta), Imam Sutardjo, dan Endang Triwinarni (keduanya dosen UNS).

“Kami menilai mereka berdasarkan¬†karakter suara, teknik vokal, penghayatan, dan penampilan mereka,” tambah Endang.

Daftar Pemenang Lomba Macapat

No. Ketegori Nama
1. Pemenang I Sukardi
2. Pemenang II Eka
3. Pemenang III Heni Mayang
4. Harapan I Teguh P.
5. Harapan II Satriyo Wibowo
6. Harapan III Tery Sri W.

%d blogger menyukai ini: