• Kuliah Umum Woodrich
  • Kuliah Umum Woodrich
  • Kuliah Umum Woodrich

Fakultas Ilmu Budaya (FIB UNS) menggelar kuliah umum tentang ekranisasi, alih wahana dari media tertentu ke media film, Jum’at (29/4).  Hadir sebagai nara sumber adalah Christoper A. Woodrich, peneliti asal Kanada yang saat ini aktif di Universitas Gadjah Mada.

Menurut Woodrich, ekranisasi merupakan sesuatu yang sangat cair, sehingga penjelasannya juga sangat kompleks. “Belum lagi kalau sudah banyak media lainnya. Situ Nurbaja, misalnya, sudah hadir dalam bentuk novel, bentuk komoik, bentuk drama, juga dalam bentuk sinetron,” kata Woodrich.

Woodrich memang menggeluti ekranisasi karya-karya sastra. “Wah, tantangannya banyak. Sumbernya sulit didapatkan. Saya harus bolak-balik ke Cinematex Indonesia, ke Arsip Nasional, dan ke Perpustakaan Nasional,” Woodrich menuturkan pengalamannya.

“Sastra itu bukan hanya novel, puisi, drama. Sastra itu sesuatu yang hidup, yang bisa dilihat dari berbagai aspek kehidupan. Sastra juga dapat dikaji dari berbagai media. Mahasiswa sebaiknya tidak hanya mengkaji aspek struktur karya sastra. Itu tidak menawarkan kebaruan,” saran Woodrich.

%d blogger menyukai ini: