Berbagai kegiatan positif saat bulan Ramadan dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya. Diantaranya adalah pengajian bagi tenaga pendidik dan kependidikan setiap hari Rabu bakda dhuhur serta kegiatan buka bersama.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini salah satu tujuannya adalah  untuk musahabah dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan pegawai serta meningkatkan tali silaturahmi di Fakultas Ilmu Budaya.

Makna musahabah sendiri adalah sebuah upaya untuk melakukan evaluasi diri terhadap setiap kebaikan dan keburukan beserta semua aspeknya. Evaluasi tersebut meliputi hubungan seorang hamba (manusia) dengan Sang Pencipta maupun sesama ciptaan-Nya dalam kehidupan sosial. Hal ini penting karena jika evaluasi diri ini dilakukan dengan baik maka banyak manfaat positif yang akan di dapat baik dunia maupun akherat kelak.

Beberapa ulama didatangkan untuk memberikan pencerahan dan siraman rohani. Salah satunya Kyai Haji Hartono,  pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Amin Palur, Rabu (30/5).  Beliau mengangkat tema tentang Empat Kesadaran dalam Menyambut Bulan Ramadhan. Yakni bahwa tidak semua manusia itu beriman, kewajiban berpuasa bagi kaum yang beriman, bulan ramadhan adalah bulan untuk memuliakan manusia yang berimana serta tentang ketaqwaan. Beliau mengupasnya satu per satu dengan gaya beliau yang santai dan kocak, tanpa mengesampingkan urgensi isi materi yang disampaikan. Diakhir ceramah diisi dengan tanya jawab.

Minggu terakhir, Rabu, (6/6) diisi oleh Dr. Faisal Abdullah, seorang tenaga pendidik dari IAIN Surakarta. Beliau mengisi pengajian dihadapan seratusan peserta yang hadir sekaligus dilanjutkan kegiatan buka bersama serta sholat Magrib berjamaah. Tampak hadir Dekanat dan civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya  mengikuti kegiatan tersebut.

Secara terpisah Dwi Purnanto, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan sekaligus pembina kerohanian Islam di FIB mengapresiasi dan mengungkapkan  “Kegiatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan ilmu agama, evaluasi diri sekaligus sebagai ladang ibadah bagi kita semua. Semoga kegiatan yang positif ini terus berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya dan menambah ketakwaan di kalangan civitas akademika. Akhirnya berimbas positif bagi kinerja kita semua.”

%d bloggers like this: