Dalam rangka untuk memperingati Bulan Bahasa Tahun 2018, Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan KEMASINDO menggelar kegiatan Malam Apresiasi Sastra (Malapsas) 2018 di Plaza Sriwedari, Sabtu (17/11/2018). Kegiatan tersebut mengusung tema “Mengenang Sastrawan: Danarto”.

Danarto adalah salah satu sastrawan Indonesia. Beliau berasal dari Sragen, dikenal sebagai sastrawan yang multi talenta. Bukan hanya di bidang sastra namun juga di bidang seni rupa. Kegiatan ini menampilkan karya-karya Danarto dalam bentuk pertunjukan: dramatical reading, teatrikal, musikalisasi puisi, pembacaan puisi, dan pameran karya-karya-karya beliau.

Para peserta yang hadir antara lain mahasiswa dan masyarakat umum di Soloraya. Tujuan acara ini untuk memperkenalkan sastra, khususnya karya-karya dari sastrawan kita, Danarto serta memperkenalkan Program Studi Sastra Indonesia kepada masyarakat umum, khususnya warga Solo dan sekitarnya untuk menjatuhkan pilihannya ketika memasuki jenjang perguruan tinggi.

Dalam pembukaan, Supardjo, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyambut baik kegiatan ini, “Kegiatan ini banyak manfaatnya: merupakan media untuk mempromosikan Prodi sastra Indonesia dengan segala kemampuannya, juga sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.”

“Pagelaran ini mampu memberikan hiburan yang segar kepada masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Jauh ke depan, kita berharap mahasiswa Sastra Indonesia mampu memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan sastra di Indonesia.”

Selain menggelar karya-karya Danarto, kegiatan yang berlangsung pada malam hari tersebut, dimeriahkan juga oleh beberapa bintang tamu antara lain Teater Gidag-Gidig, band Suarasa, Komunitas Bibit Puisi serta tarian Asmaraloka oleh mahasiswa Prodi Sastra Indonesia. Teater Gidag-Gidig tampil dengan narasi dan visualisasi cerpen Danarto yang berjudul Bengawan Solo. Diteruskan musikalisasi puisi oleh Suarasa. Selanjutnya, mahasiswa Prodi sastra Indonesia menampilkan teatrial tari Asmaraloka.

Pada akhir kegiatan, Komunitas Bibit Puisi memberikan doorprize pada peserta yang hadir syarat membacakan karya dari Danarto.

%d bloggers like this: