Selama empat hari (3-5/5) Prodi Ilmu Sejarah FIB mengajak sejumlah 54 mahasiswanya ke ANRI, Pusat Sejarah TNI dan perpustakan nasional di Jakarta.

Kegiatan tersebut merupaka kegiatan praktikum penelitian sumber sejarah tertulis. Salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang telah memasuki semester lima dan enam. Adapun tujuannya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sesuai dengan standar kompetensinya.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiwa tidak hanya mengetahui teori-teori sejarah yang di ajarkan di kelas, namun juga mampu melakukan penelusuran sumber tertulis yang akan digunakan untuk penulisan skripsi maupun untuk memberikan wawasan dalam pekerjaan mereka nantinya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi teori dan praktikum yang diberikan di bangku kuliah serta bentuk pelaksanaan kurikulum 2012,” kata Supariadi staff pengajar Prodi Ilmu Sejarah sekaligus pendamping mahasiswa.

Selaku dosen pengampu mata kuliah praktikum sumber sejarah tertulis, Insiwi Febriary Setiasih juga mengungkapkan bahwa melalui praktikum ini sekaligus mengenalkan instansi penyedia layanan arsip untuk para mahasiswa yang nanti berguna ketika mahasiswa akan menyusun skripsi.

Para mahasiswa memberikan respon positif dengan kegiatan yang diadakan rutin setiap tahunnya tersebut.

“Praktikum ini sekaligus memberikan inspirasi bagi kami untuk skripsi karena mampu menghadirkan tema-tema menarik tentang penulisan sejarah,” kata Johan Tabah Andriyanto (2014) salah satu peserta.

Harapanya kegiatan ini mampu menyiapkan tenaga terdidik yang mandiri serta mampu bersaing ditingkat regional, nasional dan internasional.

%d blogger menyukai ini: