Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (Kemasindo) FIB UNS kembali menyelenggarakan kegiatan Studi Alternatif dan Ajang Kreativitas (SAJAK). SAJAK tahun 2018 ini mengusung  “Semaikan Sastra, Tuaikan Cinta”.

Salah satu tujuannya adalah untuk memunculkan dan menanamkan perasaan cinta terhadap kegiatan sastra, khususnya kepada seluruh mahasiswa Sastra Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 13 sampai dengan tanggal 14, terbagi dalam 3 bentuk kegiatan yakni seminar, pentas seni, dan outbound. Seminar berlangsung di Ruang 307 Gedung I Fakultas Ilmu Budaya dengan menghadirkan narasumber Gunawan Budi Susanto. Beliau adalah alumni UNDIP dan sekarang menjadi seorang cerpenis di Semarang.

Dengan mengusung tema “Goresan Kesan Timbulkan Kecintaan”, Gunawan Budi Susanto mengajak mahasiswa baru angkatan 2018 yang memenuhi ruangan tersebut untuk mengenal teori sastra dan karya sastra. Dengan mengetahui keduanya maka akan mudah untuk menganalisisnya.

Beliau juga mendorong mahasiswa Sastra Indonesia sebagai bagian dari masyarakat sastra untuk lebih kreatif, inovatif, dan kritis terhadap perkembangan dunia sastra. Bukan hanya sebagai penikmat, tetapi juga mampu menghasilkan karya sastra dan mengapresiasikannya.

Kegiatan seminar berlangsung interaktif dan berjalan lancar.  Pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni dan outbound. Pada pentas seni, tampil dari setiap kelompok mahasiswa baru dan mahasiswa dari angkatan 2013-2017.

Dari seluruh rangkaian kegiatan ini, Mohammad Angga Saputro selaku ketua panitia mengaharapkan para peserta kegiatan, khususnya mahasiswa baru Program Studi Sastra Indonesia tidak hanya menguasai bidang sastra, melainkan juga memiliki pemahaman tentang peranan sastra dalam upaya pengangkatan harkat dan martabat bangsa. Mahasiswa Sastra Indonesia diharapkan mampu memahami dan menghasilkan karya sastra guna menciptakan bangsa yang berkualitas akan kreativitasnya.

%d bloggers like this: