Kemajuan pariwisata di Indonesia dapat dilihat dari meningkatnya jumlah wisatawan setiap tahunnya yang datang ke Indonesia. Berdasarkan data statistik kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2016 mencapai 1.113.328 wisatawan, sedangkan pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2015 kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia hanya mencapai angka 986.519. Data ini menjadi bukti bahwa potensi pariwisata di Indonesia semakin banyak diminati dan digandrungi. (www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=110).

Berangkat dari kenyataan di atas Forum Mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata (FORMADGATA) Fakultas Ilmu Budaya UNS menggelar UNS Tourism Expo dengan tema “Gempita Pariwisata Solo” di Atrium Solo Grand Mall, Senin-Selasa (23-24/10). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan tempat wisata yang ada di Soloraya pada masyarakat. UNS Tourism Expo ini menghadirkan 19 desa wisata yang tersebar di Soloraya, dengan berbagai pendukungnya seperti diantaranya produk mereka beragam mulai dari produk herbal, sampai pada produk kerajinan tangan yang menjadi ciri khas dari desa wisata tersebut. Mereka datang dari Solo, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar dan sebagainya.

Supardjo, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni mengungkapkan, “UNS Tourism Expo tidak hanya menggandeng desa-desa wisata tetapi juga mengundang mitra usaha di seluruh tempat kabupaten wilayah eks. karesidenan Surakarta. Diharapkan nantinya dapat menjadi tempat belajar atau magang mahasiswa, bahkan tempat kuliah kerja nyata yang nantinya bersama-sama kita kembangkan sentral industri pariwisata.”

Ditempat yang terpisah, Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata, Umi Yuliati juga berharap kegiatan ini menjadi kegiatan agenda rutin dari prodi D3 UPW untuk berperan aktif meningkatkan pariwisata Indonesia.

%d bloggers like this: