Dalam rangka mengikuti ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) tingkat nasional yang akan dimulai mulai bulan April 2020, Fakultas Ilmu Budaya UNS mengadakan seleksi internal di tingkat fakultas. Seleksi yang berlangsung di ruang eks dekan FIB pada Rabu (4/3/2020). Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai sore ini diikuti oleh 10 finalis dari lima program studi yang ada, yaitu Sastra Indonesia, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Daerah, dan Ilmu Sejarah. Masing-masing prodi mengirimkan dua mahasiswa terbaik.

Sebelumnya, tepatnya tanggal 20 Februari 2020, mereka telah menjalani rangkaian seleksi di prodi masing-masing. Tahapan seleksi prodi meliputi seleksi berkas, membuat dan mempresentasikan karya tulis ilmiah serta wawancara bahasa asing. Berbagai prestasi dapat juga dilampirkan sebagai pendukung pada seleksi berkas. Bukan hanya kejuaraan lomba saja tetapi kepemilikan hak kekayaan intelektual dan pengalaman organisasi juga dapat disertakan. Setiap level atau tingkat prestasi memiliki bobot yang berbeda, misal kejuaraan internasional tentu memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding kejuaraan di tingkat nasional.

Salah seorang finalis dari prodi Sastra Arab, Ahmad Fauzan saat dimintai pendapatnya, mengatakan bahwa merasa deg-degan ketika tahap wawancara bahasa Inggris. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh mahasiswa semester 6 tersebut, “Saya belajar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris supaya lebih lancar dan saya juga merevisi ulang karya tulis yang sudah dibuat agar benar-benar memahami isinya. Secara keseluruhan semua berjalan dengan lancar”.

Juri-juri yang dihadirkan dalam seleksi merupakan perwakilan dosen dari masing-masing prodi yang berkompetitif di bidangnya. Hal tersebut menunjukan bahwa seleksi mawapres ini diharapkan mampu menemukan pemenang yang benar-benar unggul dalam berbagai aspek, baik akademik maupun nonakademik.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB, Henry Yustanto menuturkan bahwa berbagai dukungan akan dilakukan oleh FIB agar kandidat dari FIB dapat tampil maksimal di tingkat universitas. “Setelah mendapatkan dua pemenang yang akan mewakili fakultas, akan dilaksanakan pembekalan dan pendampingan hingga menjelang seleksi di tingkat universitas. Harapannya, kandidat dari FIB mampu menyabet juara pada kompetisi ini” tutup Wakil Dekan 3 FIB UNS.

Tampil sebagai pemenang yakni:

Juara 1 Maulina Tiara Dewi (Sastra Daerah)

Juara 2 Rizky Setyo Cahyono (Sastra Daerah)

Juara 3 Ayu Puspitarini Melania (Sastra Inggris)

%d bloggers like this: