Diseminasi ilmu pengetahuan harus ditingkatkan agar peradaban manusia juga semakin meningkat. Salah satu cara diseminasi tersebut adalah dengan menyediakan hasil-hasil riset secara gratis melalui jurnal akses terbuka (Open Access Journal). Untuk tujuan ini, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (FIB UNS) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Open Journal System selama dua hari, Jum’at dan Sabtu (22-23/1). Pelatihan ini diikuti seluruh pengelola penerbitan yang ada di FIB.

“Saat ini, setidaknya ada tujuh jurnal yang dikelola di FIB. Dua diantranya dikelola di tingkat Fakultas, lima lainnya dikelola program studi sarjana,” kata Warto, Wakil Dekan Bidang Akademik di sela-sela pelatihan.

Menurut Warto, FIB UNS harus memainkan peran utama dalam penyebaran ilmu pengetahuan budaya, apalagi UNS terletak di Surakarta yang merupakan kota budaya. Budaya lokal yang sebetulnya punya nilai amat tinggi belum diangkat secara maksimal. Karena itu, Warto berharap, ilmuwan di FIB UNS lebih aktif melakukan riset dan mempublikasikan hasilnya, supaya nilai-nilai budaya itu dapat dirasakan oleh publik modern.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan FIB Riyadi Santosa menekankan bahwa masalah publikasi ilmiah di UNS khususnya FIB harus ditangani serius.

“Tidak ada alasan kurang artikel! Sebenarnya kita itu kaya, baik dosen maupun mahasiswa memiliki banyak artikel, namun tidak banyak yang mempublikasikannya,” tandas Riyadi.

Pelatihan diawali dengan pemeriksaan kesamaan artikel dengan yang sudah tersedia di internet. Pemeriksaan ini dilakukan melalui turnitin.com. Setelah itu, peserta juga dilatih dengan beberapa aktivitas pencegahan plagiarisme, editing, dan standar pengelolaan jurnal ilmiah. Pada hari kedua, seluruh pengelola jurnal dipandu mengunggah artikel edisi terbaru. Tujuh jurnal yang dikelola FIB UNS kini dapat diakses melalui http://jurnal.fib.uns.ac.id/

 “Alhamdulillaah. Semoga ini menjadi ladang amal yang diridhoi Tuhan Yang Maha Kuasa, dan semoga ilmu yang kita sebarluaskan bermanfaat bagi sesama manusia,” kata Warto.

%d blogger menyukai ini: