Fakultas Ilmu Budaya bekerja sama dengan CV Bina Cipta Abadi Solo mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran di Ruang Seminar FIB, Jumat (29/9).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang sebab-sebab kebakaran  serta memperkenalkan instrument-instrument pemadam kebakaran untuk api kecil berikut penggunaannya. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dosen, staff administrasi dan mahasiswa ini berlangsung baik dan mendapatkan respon positif dari peserta.

Terbagi dalam dua sesi yakni sosialisasi dan simulasi. Pada sesi pertama diisi oleh Mugiyono, trainer dari CV Bina Cipta Abadi. Narasumber menjelaskan tentang macam-macam penyebab kebakaran, metode sampai dengan memberikan pemahaman terkait alat pemadamnya.

Selanjutnya pada sesi terakhir diadakan simulasi di halaman FIB oleh Bajoe Megananda. Beliau menjelaskan serta mengarahkan cara memadamkan kebakaran mulai dari yang sederhana menggunakan kain handuk ataupun goni sampai dengan APAR (alat pemadam api ringan)

Tri Utami, selaku kasubbag. Keuangan dan Umum mengapresiasi penyelenggaran pelatihan ini, “Semoga dengan sosialisasi dan simulasi ini, segenap peserta mengerti dan memahami sebab-sebab terjadinya kebakaran dan cara sederhana untuk menanggulanginya.”

“Kita berharap juga, dari semula takut menjadi berani bertindak untuk memadamkan kebakaran,” tuturnya.

%d blogger menyukai ini: