postpass FIB Lakukan Kegiatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19 - Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret

Penyebaran Coronavirus 2019 (Covid-19) mengakibatkan pandemi yang begitu luas dan sangat cepat. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain antara lain melalui percikan cairan (droplet) pada saat bersin atau batuk. Paparan virus ini menjadi permasalah global yang memerlukan penanganan serius dari semua pihak dan diharapkan setiap negara melakukan langkah-langkah cepat untuk mengatasi penyebaran Covid-19 agar segera terhenti.

Sejalan dengan hal tersebut Fakultas Ilmu Budaya UNS, ikut berperan aktif melakukan langkah-langkah konkret yang sejalan dengan Surat Edaran Rektor UNS nomor 1480/UN27/HK/2020 tentang Kewaspadaan Dini, Kesiapsiagaan, serta Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di lingkungan UNS. Hal ini juga berkaitan dengan ditingkatkannya status kota Solo yang menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona yang berlaku sejak Senin (16/03/2020).

Upaya-upaya konkret yang dilakukan antara lain mendukung pola hidup bersih dan sehat, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online (daring), kegiatan magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan penjadwalan ulang atau diganti dengan metode lain sesuai ketentuan yang berlaku, serta meninjau kembali urgensi perjalanan dinas baik ke dalam ataupun  ke luar negeri.

Di samping itu di lingkungan kampus FIB juga memberlakukan Social Distancing dan Physical Distancing yakni menghindari kerumunan dan menghindari kontak fisik secara langsung. Hal ini pun sesuai dengan anjuran pemerintah. Di setiap sudut ruangan FIB juga disediakan hand sanitizer. Serta menjadwalkan penyemprotan disenfektan di seluruh ruangan dan area FIB untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bagi tenaga kependidikan dilakukan penjadwalan tugas piket.

Perkuliahan secara daring dengan menggunakan beberapa aplikasi diantaranya Spada, Whatsapp Group, Skype, Google Classroom, Zoom Meeting Cloud, Youtube. Adapun koordinasi pimpinan dan rapat-rapat saat ini dengan Zoom Meeting Cloud. Dan perkembangan terakhir telah dilakukan ujian online bagi mahasiswa sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh UNS.

Diharapkan dengan langkah-langkah ini bisa memberikan dampak positif dalam mengurangi penyebaran Covid-19 dan kegiatan pendukung proses belajar mengajar tetap dilaksanakan dengan baik.

%d bloggers like this: