Dengan berlakunya MEA mulai 31 Desember 2015,  persaingan dalam pencarian pekerjaan semakin menggelobal dan semakin ketat. Hal tersebut merupakan tantangan yang pasti akan dihadapi oleh para lulusan program Strata 1 dan D3 UNS, khususnya Fakultas Ilmu Budaya.

Menurut pengamatan informal, sebagian besar lulusan UNS terserap di perusahaan-perusahaan domestik dengan gaji relatif kecil. Untuk itu, FIB memiliki kewajiban memberikan pembekalan sofskill berupa pembekalan Job-Seeking Tricks dan Job Interview kepada mahasiswa agar mereka mampu bersaing di pasar kerja global dengan masa tunggu pekerjaan pendek dan gaji relatif tinggi.

“Pada bulan September 2016 mendatang, kami akan mengadakan dua kegiatan berbeda bagi mahasiswa yakni Semiloka Job-Seeking Tricks pada hari  Sabtu (3/9) dengan Pemateri Ibu Guru Kembar dari Akademi Indonesia Sekolah Darurat Kartini dengan Moderator Adjat Wiratna, S.H. M.Pd, Manajer Produksi MNC TV, Jakarta dan Hefrizal Chaniago, Wakil Ketua Divisi Usaha DPW Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia Wilayah DKI. Disusul kemudian  Semiloka Job interview  yang akan digelar Sabtu (17/9) dengan narasumber Retno Wulandari, S.H. M.Hum, General Manager The Sunan Hotel Solo dan Wahyu Wibawanto dari Periscope Indonesia, Jakarta. Tempatnya sama yakni di Ruang Seminar FIB, UNS,” kata Diah Kristina, selaku penanggung jawab kegiatan yang juga staf pengajar sastra Inggris FIB.

“Kami mengajak mahasiswa FIB untuk ikut berpartisipasi dalam dua kegiatan ini. Silahkan mendaftar, karena quota terbatas,” jelas Diah Kristina.

“Dengan berhasilnya pelatihan ini, diyakini mahasiswa akan lebih siap dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global dan berdampak pada pendeknya waktu tunggu setelah lulus sebagai sarjana,” jelas Diah Kristina pada akhir pembicaraan.

Daftar job-seeking tricks disini, atau job interview disini

%d blogger menyukai ini: