Tim Pengabdian dan Pengembangan kepada Masyarakat (P2M) LPPM Research Group (RG) Bahasa dan Sastra Arab, Prodi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret mengadakan Pelatihan Pembelajaran Menulis Kreatif Bahasa Arab Berbasis Tema Linier Secara Daring di dua tempat yakni di MAN 2 Surakarta, Senin (19/07/2019) dan SMA 4 Muhammadiyah Andong, Boyolali, Senin (19/08/2019).

Tema linier merupakan salah satu cara menyusun ide dengan pola informasi baru pada kalimat pertama menjadi tema dalam kalimat kedua. Dalam bahasa Arab, pengembangan tema jenis ini disebut dengan at-tawāliy al-ufuqi al-basith.

Sebagaimana yang telah dirintis oleh Ristekdikti dalam Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) bahwa materi ajar semakin lama akan menjadi semakin terbuka, yaitu dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Apalagi  terkait  dengan  menulis  kreatif dimana  ide dan  gagasan menulis  selalu muncul dimana  dan  kapan  saja.  Maka  pembelajaran  menulis  kreatif tidak  dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Dalam hal ini, juga diyakini bahwa setiap orang bisa menulis ceritanya masing-masing, setiap orang punya gagasan dan ide, setiap orang juga bisa mengekspresikan emosi dan perasaannya. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah “pola” untuk menyusun ide, gagasan, dan cerita kreatif tersebut.

Kegiatan menulis kreatif ini akan semakin optimal jika dilakukan secara daring. Pembelajaran on-line bahasa Arab sudah mulai menjamur dimana-mana dan sudah banyak yang mengakses, salah satunya adalah www.arabic-online.net.

Tim P2M beranggotakan Muhammad Yunus Anis, Eva Farhah, dan Muhammad Farkhan Mujahidin ketiganya merupakan dosen dari Prodi Sastra Arab FIB.

Muhammad Yunus Anis sebagai ketua Tim P2M mengatakan, “Kegiatan ini akan mengoptimalisasi tiga hal: (1) sosialisasi pembelajaran bahasa Arab daring, (2) Menulis kreatif bahasa Arab, dan (3) penggunaan tema linier dalam menulis kreatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa di era revolusi industri 4.0, pembelajaran bahasa asing mulai bergerak, perlahan tapi pasti, dari luring (off line) menjadi daring (on-line).”

“Kegiatan ini merupakan sebuah wadah dimana dosen dapat menerapkan gagasan-gagasan dan kajian ilmiah yang selama ini didapatkan dari hasil penelitian di kampus untuk diterapkan kepada masyarakat atau mitra pengabdian. Dengan demikian, hilirisasi hasil penelitian yang bersumber dari kampus dapat diimplementasikan secara optimal kepada masyarakat,” lanjutnya.

Pada tahun2018 lalu, prodi Sastra Arab UNS telah menjalin kerjasama dan menandatangani nota perjanjian kegiatan penerapan program bahasa Arab online dan tes standar bahasa Arab dengan Saudi Electronic University. Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Arab on-line harus terus dikembangkan. Adapun fasilitas yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring di UNS dapat menggunakan atau mengakses www.ocw.uns.ac.id untuk melihat beberapa materi ajar yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

%d bloggers like this: