Di era komputerisasi saat ini, kemampuan dan penguasaan teknologi informasi menjadi tuntutan yang harus dijawab sebuah organisasi, tidak terkecuali Fakultas Ilmu Budaya UNS. Untuk itu, FIB mengelar pelatihan komputer bagi seluruh tenaga kependidikan. Kegiatan berlangsung selama tiga bulan (Februari – April) dengan instruktur dari SOLOCOM. Sebuah Lembaga Pendidikan Komputer yang berlokasi di jalan Ir. Sutami Kentingan 25, Jebres, Solo.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta tentang program Microsoft office, baik MS word dan excel”, kata Maretta Elly Susilowati selaku Kasubbag Keuangan dan Umum. “Pelatihan tersebut terbagi dalam dua kategori yakni dasar dan mahir. Beberapa waktu yang lalu, pihak Solocom telah melakukan pretest bagi semua peserta untuk memilah kategori kelompok. Dan sekarang, pelatihan sudah berlangsung sekitar tiga minggu bagi kelompok dasar”, lanjutnya.

 Dalam pelatihan tersebut, para peserta dilatih kemampuannya dalam:

  • Program MS word (pengenalan program, membuat dokumen, mengatur layout sampai dengan mencetak dokumen). Hal ini penting untuk penguasaan pembuatan surat-menyurat dan pembuatan dokumen lainnya.
  • Microsoft excel (mengolah angka dan keuangan) yang meliputi pengenalan program excel, membuat lembar kerja elektronik, menyuntik dan menyimpan lembar kerja, dsb.

Adapun pelatihan dilakukan di lab.komputer FIB. Satu minggu dua kali tatap muka. Respon peserta positif, “Terlebih bagi staf pengadministrasi umum yang dialih fungsikan dari petugas satuan pengamanan.

FIB berharap, dari pelatihan tersebut mampu menunjang tugas, pokok, dan fungsi pegawai sehari-hari. “Secara bertahap kegiatan seperti ini akan kita selenggarakan, karena penting bagi peningkatan kualitas staff kependidikan”, kata Maretta menutup pembicaraan.

%d blogger menyukai ini: