Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa. Di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan pengenalan mengenai atsmofer akademik dalam kehidupan kampus.

Pada tahun ajaran baru 2019/2020, kegiatan PKKMB juga diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya, sebuah fakultas yang memiliki jargon “memajukan pendidikan demi peradaban”. Kegiatan PKKMB selama kurang lebih satu minggu ini (13-18/08/2019) dilaksanakan di beberapa tempat.

Selasa-Rabu (13-14/08/2019) kegiatan berlangsung di kantor pusat dan Auditorium GPH Haryo Mataram dikoordinasikan oleh Biro Kemahasiswaan UNS. Kegiatan ini meliputi upacara dan pelantikan mahasiswa baru oleh Rektor dan kuliah umum oleh narasumber dari beberapa Kementerian dan Lembaga Negara, di antaranya Kementerian Pertahanan, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, bela negara oleh Lemhanas, dan bidang penalaran, minat , dan bakat mahasiswa oleh Dirjen Belmawa.

Kamis-Jumat (15-16/08/2019) Kegiatan PKKMB berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan diawali dengan kenal sambut oleh Dekan FIB. Pada kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Henry Yustanto melaporkan bahwa, FIB menerima sejumlah:

Prodi S-1 Sastra Daerah : 65
Prodi S-1 Sastra Indonesia : 73
Prodi S-1 Sastra Inggris : 64
Prodi S-1 Sejarah : 62
Prodi S-1 Sastra Arab : 64
Prodi D3 Bahasa Inggris : 45
Prodi D3 Bahasa Mandarin : 51
Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata : 67

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademik serta memahami aturan-aturan yang berlaku di dalamnya.

Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Ilmu Budaya Prof. Warto, mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru FIB, selamat menuntut ilmu di jenjang lebih tinggi dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dekan mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKKMB dengan baik dan  menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Disamping itu Beliau juga memperkenalkan semua jajaran pimpinan di lingkungan FIB, mulai dari Delkanant, Kaprodi S1 dan D3 sampai dengan pimpinan administrasi. Pada akhir sambutannya Beliau mengutip serat tridarma dari Mangkunegara I yang intinya memberi pesan bagi mahasiswa baru untuk berani berintrospeksi/mawas diri, merasa ikut memiliki dan berkewajiban ikut membela/mempertahankan.

Kegiatan kenal sambut di FIB ditutup dengan penyematan cocard bagi perwakilan mahasiswa masing-masing prodi secara simbolis. Kemudian selama dua hari (15-16/08/2019) mahasiswa baru mengikuti kegiatan di antaranya materi bidang akademik yakni organisasi mahasiswa, visi misi budaya kerja active UNS lima pilar, strategi kredis semester, siakad, perpustakaan, English for academic purpose (EAP), medical center, alumni, tata tertib kampus dan masih banyak lagi dengan narasumber dari Dekanat, LPPM, Prodi, UPT. Bahasa, dan UPT. Perpustakaan.

%d bloggers like this: