English Department Community (EDCOM) menyelenggarakan kompetisi debat berbahasa Inggris tingkat nasional, Jum’at – Minggu (2-4/9). Kompetisi yang diikuti 32 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta ini merupakan bagian dari rangkaian acara EDCOM EduFest yang digelar sejak Mei lalu. EDCOM itu sendiri merupakan Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.

“Dengan menggelar kompetisi debat, kami ingin mengajak seluruh mahasiswa mengasah daya kritis mereka agar lebih tajam dalam merespon problematika di sekitar mereka,” tutur Odesa Lucky Chrisdanari, ketua panitia.

Peserta kompetisi ini, lanjut Odesa, memang dibatasi 32 tim. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi, bukan hanya perguruan tinggi umum, tetapi juga ada peserta dari perguruan tinggi kedinasan seperti Akademi Militer Magelang, Politeknik Kesehatan Malang, dan beberapa lainnya.

“Kami menggunakan sistem British Parliamentary dalam debat kali ini,” tambah Odesa.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Riyadi Santosa berharap agar ajang ini mampu mewadahi kreativitas dan daya kritis mahasiswa.

“Yang lebih penting daripada memenangkan kompetisi ini adalah mengukur sampai di mana daya kritis kita dan mengukur bagaimana kualitas daya nalar dan penyampaian ide kita,” tandas Riyadi.

%d blogger menyukai ini: