• Pencapaian Peningkatan AEE

Dalam mendukung terwujudnya Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai World Class University, Prodi Sastra Arab FIB UNS fokus pada peningkatan capaian prestasi dan internasionalisasi. Demikian disampaikan Kepala Program Studi Arab, M. Farkhan Mujahidin, Senin (11/4).

Farkhan terus mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Ia juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri dan mendorong sejawatnya untuk mempublikasikan karyanya di jurnal bereputasi internasional.

Menurut Farkhan, prestasi akademik mahasiswa Sastra Arab selama ini prestasi mahasiswanya cukup bagus.

“Angka Efisiensi Edukasi (AEE) kami sudah mencapai 20 % dan kami dorong untuk terus meningkat,” kata Farkhan.

Di bidang non akademik mahasiswa prodi ini juga sudah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Prestasi-prestasi tersebut meliputi kejuaraan di bidang minat bakat dan penalaran seperti puisi bahasa Arab, menyanyi bahasa Arab, esai bahasa Arab, dan debat bahasa Arab, dan lain-lain.

Di bidang internasionalisasi, sejak 2010 lalu prodi ini sudah menjalin kerja sama dengan Suez Canal University, Al-azhar University, dan Ain Syam University. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah program beasiswa rintisan double degree yang masih berlangsung hingga saat ini. Program rintisan double degree yaitu pengiriman mahasiswa Sastra Arab UNS untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi-perguruan tinggi di Mesir yang sepenuhnya dibiayai oleh Dikti.

“Tahun ini kami akan memperbaharui MoU dengan Ain Syam University dan sedang mencoba untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Umul Qura di Arab Saudi” kata Farkhan. (GG)

%d blogger menyukai ini: