Tahun 2016 ini, kembali Prodi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya akan memberangkatkan dua mahasiswanya ke Universitas Canal Suez Mesir. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh Kemenristek  Dikti dalam bentuk beasiswa unggulan  “Maharatul Lughoh al-‘Arabiyyah dan Transfer Kredit (atau lebih dikenal dengan student exchange).

Adapun tujuan program beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Arab dalam 4 aspek, yaitu mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pemahaman tentang kebudayaan Timur Tengah secara langsung.

Peserta program beasiswa ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah UNS. Dan mahasiswa yang beruntung lolos seleksi tersebut adalah Ardilla Islamiyah (Angkatan 2013) dan Amirul Iqbal (Angkatan 2014). Keduanya berasal dari Prodi sastra Arab FIB.

Kegiatan ini akan berlangsung selama satu semester (6 bulan), yaitu bulan September 2016 sampai dengan Februari 2017. “Alhamdulillah saya bersyukur, mendapat kesempatan belajar bahasa, sastra dan budaya Arab  di Timur Tengah. Hal itu sesuai dengan minat studi yang saya ambil, yakni Sastra arab. Di Universitas Zues Canal nanti saya dapat belajar banyak mengenai karya sastra”, kata Ardilla

Harapan lain juga disampaikan Amirul Iqbal, “Secara pribadi, saya berharap semoga apa yang akan saya peroleh nanti dapat berguna untuk masa depan saya, dan untuk kemajuan Program Studi Sastra Arab FIB UNS menuju universitas berkelas dunia.

Dimasa yang akan datang program beasiswa transfer kredit DIKTI diharapkan dapat menningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan di Indonesia.

%d blogger menyukai ini: