Program studi D3 Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya UNS kembali menyelenggarakan serangkaian kegiatan seminar dan workshop dengan tema “Preparing for Success with Creative Writing Skills”, Rabu-Kamis (6-7/9) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Formadasi (Forum Mahasiswa D3 Bahasa Inggris) selaku panitia penyelenggara mengundang dua pembicara spektakuler, Saphira Tanka Zoelfikar dan Murni Amalia Ridha,yang merupakan penulis dari blog indohoy.com.

Pada hari pertama, Saphira T. Zulfikar (Vira) dan Murni A. Ridha (Mumun) memberikan penjelasan tentang pengetahuan dasar mengenai teknik menulis dan travel blogging. Dengan pengalaman di indohoy.com selama lebih dari 8 tahun, Vira dan Mumun mampu memberikan penjelasan yang informatif dan menarik kepada para peserta. Selama seminar, para peserta yang antusias tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Hapriliana, Mahasiswi semester tiga D3 Bahasa Inggris bertanya, “Bagaimana cara menghasilkan tulisan yang istimewa dan berbeda dari penulis lain?”. Pertanyaan tersebut di jawab oleh Mumun dan Vira dengan memberi sebuah tips yaitu agar kita mencari tahu terlebih dahulu hal apa yang ingin kita tulis dan bagaimana kita akan menuangkannya dalam tulisan kita.

Hari kedua dilanjutkan dengan workshop “Preparing for Succes with Creative Writing Skills” masih bersama Mumun dan Vira dari indohoy.com. Setelah mendapat banyak teori di hari pertama, di hari kedua ini para peserta diberi tantangan untuk membuat sebuah tulisan mengenai kota Solo. Mereka diberi waktu 15 menit untuk menulis yang kemudian hasil tulisan tersebut di evaluasi dan dibacakan di hadapan seluruh peserta workshop. Mumun dan Vira pun mengaku kagum dengan hasil tulisan para peserta workshop.

“Masing-masing peserta memiliki gaya menulis yang berbeda dan hampir semuanya memiliki potensi yang baik untuk menjadi seorang penulis”, tutur Mumun.

Dengan kegiatan seminar dan workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan skill tambahan bagi para mahasiswa guna meraih kesuksesan setelah lulus dari Universitas Sebelas Maret. (DewiAnna)

%d blogger menyukai ini: