Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KEMASINDO) kembali unjuk kebolehan. Tidak hanya di dalam kampus, kali ini mereka memilih Taman Cerdas di Kawasan Kelurahan Jebres; tepat di belakang Kompleks Solo Techno Park. Mereka membalut gelaran Malam Apresiasi Sastra dengan tajuk “Balada Wong Solo”, Sabtu, (3/12). Beragam kesenian mereka tampilkan; di antaranya adalah musik perkusi, musikalisasi & teatrekalilasi puisi, teater bahasa Jawa, dagelan, dan musik kontemporer.

Tampil menampilkan musik perkusi adalah Biru ndog Bebek, yang lebih populer dengan sebutan BnB. Semua personilnya adalah mahasiswa Sastra Indonesia FIB UNS. Kelompok musik ini mulai terbentuk pada tahun 2013 dengan personel wanita yang berstatus sebagai mahasiswi Sastra Indonesia FIB UNS. Grup ini dimanajeri oleh alumni Sastra Indonesia yaitu Arif. Pementasan lain seperti teatrikal puisi, teater bahasa jawa, dagelan, dan musik kontemporer merupakan pentas kolaborasi dari mahasiswa Sastra Indonesia FIB UNS yang terdiri dari berbagai angkatan yang menceritakan mengenai kehidupan warga kota Solo.

“Ini kami gelar dalam rangka memperingati bulan bahasa yang sebenarnya jatuh pada bulan Oktober,” kata Jawahir Gustav Rizal, penggagas acara ini. Saat ini, lanjut Jawahir, diperlukan upaya mengalih wahanakan sastra tulis ke bentuk pementasan, sehingga generasi sekarang dan yang akan datang tetap akrab dengan dunia sastra.

“Karya sastra sebetulnya mampu meningkatkan daya peka, daya kritis; sehingga masyarakat mampu berkembang dan mengembangkan lingkungan sosialnya,” tambah Bakdal Ginanjar, salah satu dosen Program Studi Sastra Indonesia, FIB UNS.

%d blogger menyukai ini: