Melihat realita sekarang dan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, bukan tidak mungkin para pemuda milenial akan tergelincir ke dalam nilai-nilai yang jauh dari nilai Islam. Mengingat pemuda sebagai tolak ukur berkembangnya suatu peradaban, maka sudah semestinya para pemuda mempunyai semangat yang besar untuk selalu memperbaiki diri sekaligus memotivasi lingkungan sekitarnya untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik.

Melihat dari latar belakang tersebut Unit Kegiatan Mahasiswa Syiar Kegiatan Islam (UKM SKI) Fakultas Ilmu Budaya UNS menggelar Simfoni: Lantunan Seni dan Budaya Islami di ruang 307 gedung I FIB Sabtu (15/09/2019).  Kegiatan tersebut berupa seminar nasional dengan mengusung tema Menanamkan Hijrah di Tengah Tantangan Dakwah Era Milenial dengan menghadirkan narasumber Ust. Abu Takeru dan Narendra Rangga.

Seminar nasional ini juga merupakan serangkaian dari SIFT (Sebelas Maret Islamic Festival) yang dimeriahkan oleh seluruh Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) di UNS dan juga Lembaga Dakwah Kampus (LDK), JN-UKMI UNS.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat tentang bagaimana cara membangkitkan semangat generasi milenial untuk hijrah. Hijrah yang mengubah atau meninggalkan dari kehidupan yang sebelumnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Ust. Abu Takeru atau yang disebut Rizal Fadli Nugraha, beliau adalah da’I, Trainer muda, founder dan penasihat komunitas Paradise Striver, owner Ummeru’s Online Shop dalam paparannya beliau, memberikan kiat agar hijrah tidak gagal diantaranya memperbaiki hubungan dengan Allah dan jangan mengandalkan hijrah hanya dengan kemampuan diri sendiri.

Sedangkan Narendra Rangga adalah Founder Bismillah Production dan Mudah Berdakwah Jawa Barat mengungkapkan, “Meski kita punya iman/kepercayaan yang sangat kuat, kita tidak harus menampakkan di depan umum. Kita harus tetap memengang iman itu tapi tidak perlu menampakkannya.”

Kegiatan ditutup pada siang hari yang diikuti oleh 150-an peserta dari kalangan sivitas akademika dan masyarakat umum. Panitia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif meningkatkan potensi peserta untuk terus memperbaiki diri guna memajukan peradaban dunia dan akan mampu menjadi generasi yang cerdas, kritis dan berempati serta mampu menjalin ukhuwah yang tinggi untuk berkarya.

%d bloggers like this: