• Pertukaran Mahasiswa

Fakultas Ilmu Budaya UNS menerima tiga belas mahasiswa dari Akademi Pengajian Melayu, Universiti Malaya, Senin (1/8). Mereka adalah peserta program pertukaran mahasiswa (student exchange) yang memang sudah dikembangkan di FIB UNS.

“Kegiatan ini kegiatan bersama mahasiswa Malaysia dan Indonesia baik akademik maupun non akamedik. Tujunnya antara lain adalah untuk mempelajari kebudayaan Jawa,” papar Warto, Wakil Dekan Bidang Akademik FIB.

Selain mendapatkan materi di kampus FIB, mereka juga akan berkunjung ke situs-situs sejarah dan situs budaya di wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Menurut Muhammad Taufiq, pimpinan rombongan dari Universiti Malaya, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kembara Ilmiah Dunia Melayu Nusantara. Selain belajar budaya Jawa, ada juga kelompok lain yang belajar budaya lain di Indonesia.

“Melalui student exchange ini, kami berharap mahasiswa kami mendapatkan pengalaman baru mengenai topik-topik riset yang dapat dikembangkan bersama UNS,” kata Taufiq.

Program pertukaran mahasiswa ini akan berlangsung hingga 12 Agustus mendatang. September mendatang, FIB UNS juga akan mengirimkan enam mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akademik maupun non akademik di Universiti Malaya.

Dekan FIB UNS, Riyadi Santosa berharap, “Semoga kerjasama ini mampu membuka peluang kerjasama lainnya, terutama research collaboration di bidang budaya. UNS berada di Solo, yang merupakan the spirit of Java. UNS dan UM perlu bekerja sama mengeksplorasi kebudayaan Jawa, sebagai unsur kebudayaan Nusantara.”

%d blogger menyukai ini: